F
fanisafea
Dry Skin, Medium Light, Warm
DISCLAIMER : Personal Experience. Local Brand's Retinol Serum ! " Somethinc Level 1% Retinol Taglinenya : Level Up your skincare game with powerfull yet gentle Encapsulated Retinol. BG story dulu,keluarga Retinol yang pernah aku pakai sebelumnya adalah dalam bentuk turunan Granactive Retinoid . Apa perbedaan mendasar dari kedua derivat ini? Kalau Granactive Retinoid molekulnya dibikin langsung bisa bekerja tepat dengan receptor retinoid di kulit kita,jadi ga ada aktivitas biologis yang mengubah bentuknya dulu (aktivitas inilah yang sering bikin iritasi dan purging). Sementara encapsulated retinol bentuknya sama seperti retinol,hanya saja dia 'dibungkus' sehingga dalam proses supaya bisa bekerja bareng dengan receptor retinoid di kulit kita akan minim resiko iritasi & purging karena saat prosesnya masih didalam 'bungkus'nya ini. Capsul pelindung ini akan luruh perlahan, dan saat itulah retinolnya bisa 'bekerja' dengan sel - sel kulit kita. ((Mohon dimaklumi ini adalah pemahamanku sendiri setelah membaca berbagai referensi. Kesalahtafsiran silahkan dikoreksi di kolom komentar ya.. Aku hanya berusaha memberi gambaran kira2 cara kerjanya seperti apa)) Kalau dari pengalamanku, serum retinolnya Somethinc ini memang ga kerasa "kenceng" diawal-awal pemakaian. Mungkin karena Retinolnya di enkapsulasi alias "dibungkus". Setelah beberapa hari dari pemakaian kedua (jarak pemakaian 1&2 adalah 3hari) baru terasa di kulitku ada sesuatu yang bekerja. Dan aku purging. Sejadi-jadinya kalau kata suamiku. Aku sudah berekspetasi akan terjadi purging karena kondisi kulitku memang banyak whitehead bandel sisa breakout yang diakibatkan dehidrasi. Purgingnya ini diperparah dengan cuaca yang panas, lembab,sementara aku kemana-mana pakai masker. Walaupun sudah rajin ganti tiap hari , maskne juga menambah daftar iritasiku.Ada masanya daguku sampai miring sebelah,karena daerah bawah bibir sampai dagu memang banyak whitehead, saat purging semuanya jadi jerawat nodule yang bengkak tanpa mata; tapi berdempetan banget jadi akhirnya tampilannya seperti benjolan besar dan memanjang dr bawah bibir ke dagu. Sakit ga? Pegel banget bukan sekedar sakit. Ada masanya aku sampai malas makan karena buka mulut aja menyiksa. Lalu diminggu ketiga aku stop seminggu. Aku fokus ke hidrasi ekstra (yang sebenarnya juga ga kendor sebelumnya) , CSM tiap hari, layerin hydrating toner dan serum berlapis-lapis. Minggu keempat aku lanjut lagi,kali ini aku rubah stepnya dengan cara dimix ke moisturizer dalam jumlah yang lebih sedikit juga. Dan tetap purging. Minggu keenam aku putusin libur lagi setelah dua minggu sebelumnya aku memulihkan skinbarrier dan mengobati jerawat2 yang ada dulu. Oh ya selama pemakaian sebenarnya.aku ga ngerasa dehidrasi, kering berlebihan juga engga. Aku ngerasa kulit di daerah yg ga ada jerawatnya memang baik-baik aja g kelihatan rusak skinbarriernya. Saat berhenti kali ini,aku ngerasa kulitku rada baikan karena aku juga menambahkan oil di routineku. Tapi saat minggu depannya aku kembali pakai,kembali purging, kali ini aku mulai ragu sepertinya bukan purging karena buka didaerah yang ber-whitehead/ clog pores lagi. Orang sekitarku pun bilang daerah yang banyak jerawatnya saat sebelum pakai retinol hanya tertentu saja,tapi sekarang melebar. Disinilah aku memutuskan berhenti karena aku rasa entah formulasinya ga cocok buatku,atau memang too harsh dan kulitku tidak bisa beradaptasi. Saat ini kulitku masih berjerawat disana sini.Tapi sembuhnya wajar tanpa proses yang terlalu menyiksa. Kebanyakan sisa-sisa dari purging sebelumnya yang matang satu-satu. Rada sedih karena ga cocok, bukan karena sekarang ada peer lebih buat memperbaiki kondisi kulit,tapi juga karena aku tadinya berharap banyak bisa cocok dengan brand lokal yang lebih mudah dicari. Harap dicatat ga cocok diaku belum tentu dikamu juga ga cocok.I bought it myself and this my personal experience
Usage: 1 month - 3 months
Shopee
V
Vanessa8
Combination, Light, Neutral
Pake ini di malem hari setelah toner, ditimpa niacinamidenya somethinc bener2 bagus jadinya, baru pake beberapa hari udh keliatan bedanya. Gak bikin iritasi merah2, cm bikin kulit keliatan lebih sehat dan pori2 agak kalem. Tapi kalo besok pagi nya harus pake sunscreen kalo malemnya ada pake ini. Recomended deh serumnya!
Usage: 3 months - 6 months
Beautyhaulindo
G
girlsprelovedstuff
Combination, Medium Light, Cool
Okay, ketika menulis review ini aku sudah memakai produk ini kurang lebih 3 minggu. Walaupun sebenarnya waktu yang ideal untuk melihat hasil dari pemakaian produk skincare adalah minimal 4 minggu, tapi overall aku sudah mulai merasakan beberapa efek baiknya.
Usage: Less than 1 week
Beautyhaulindo
P
putrinahda
Oily, Medium, Cool
mau ngeralat reviewku yang sebelumnya. kemarin sempat ragu sama ngefek bo atau purging dan keraguan ini muncul hanya ketika pemakaian tunggal satu produk saja.kalau si retinolnya ku combine dengan niacinimide dan hyaluronic acid hasilnya cakep banget dah dikulit, tekstur muka tambah halus dan lebih mencerahkan tone wajah dan ngerasa kulit semakin sehat. intinya klo mau maksimal harus dicombine 2 - 3 produk bisa niacinimidenya aja atau hyaluronic nya atau juga kedua2nyaaa
Usage: 1 month - 3 months
Tokopedia
S
segastya
Combination, Medium Light, Cool
BAGUS BGT jujur. bener2 hasilnya keliatan dalam waktu singkat. bahkan, di ak pas pertama kali pake hasilnya uda keliatan karena pagi2 muka ku jd kenyal, lembap, terus jerawat lebih cepet kering. seneng bgt tiap bangun pagi abis pake ini karena muka ku pasti keliatan lebih sehat. ak pake ini ga setiap hari, di pake gantian sama The Ordinary Niacinamide. ak sampe ngerasa yg TO kayaknya uda ga ngefek di ak dan justru ini yg jd jagoan ku skrg 🤣
Usage: 3 months - 6 months
Shopee
R
rachmacbook
Dry, Medium, Warm
Ini baru pemakaian 2 minggu. Minggu pertama cm 1 kali. D minggu kedua pake tiap hr. Jadi kulit gw kan keringggg banget udah segala pelembab ga nampol. Tp setelah pemakaian retinol ini malah jd lembab tiap bangun tidur. Tp gw pakenya setelah pakai ultimunenya shiseido baru retinol terus gw kasi pelembab dr khiels. Hasilnya bagus sih sejauh ini gada purging malah jerawat ga jd numbuh. Dan garis senyum lebih samar. Untuk usia ak yg 32 taun kayaknya efeknya ga secepet yg lbh muda. Tp aku suka
Usage: 1 week - 1 month
Shopee
F
febrykim
Combination, Medium, Neutral
First time make retinol, dlu prnh nyoba rerinoid, dan bikin break out, dan nemu si somethinc retinol ini, it works amazing in my skin, bner2 ngefek parah gila, di combine sama niacin nya, jdi duo combination parah di kulit akuhhh, sesuka ituuu
Usage: 1 week - 1 month
Shopee
M
ms_geey
Normal Skin, Medium, Warm
Serum retinol lokal keempat yang aku coba, dan sekarang jd staple aku banget. Teksturnya unik karena cair, unlike serum2 sebelumnya yg cenderung creamy. Awalnya bingung makenya, takut kebanyakan, takut iritasi klo kebanyakan. Tapi lama kelamaan aku terbiasa, dan skr ga takut pake kebanyakan, krn emang segentle itu. Purging sih tetep ada, tapi ga heboh, dua hari kelar. Setelah itu i notice i can use it everyday tanpa takut kering/iritasi. Yang aku suka, it really works on my acne. Cepet nyembuhin jerawat dan ga bikin jerawat baru. Now that i’m getting used to it, i feel like i can’t live without it. Bakal repurchase sih kayanya, krn blm sanggup beli serum retinol inceran lain yg mihil2. Di kelasnya ini masih yg terbaik buatku.
Usage: 1 month - 3 months
Shopee
G
ghifarahr
Normal Skin, Medium Light, Warm
Retinol pertamaku dan JATUH CINTA✨ dia works banget menghaluskan tekstur yang ada di wajah termasuk bruntusan pada hilang dongg, gak sampe sebulan muka jadi halus banget deh pokonya. Aku belum berani layer retinol sama active ingredients lain, jadi cuma toner+retinol aja dan harus banget pake moisturizer. Aku pakenya sekitar 3 kali seminggu. Btw pernah dengan bodohnya ku lupa pake toner langsung retinol muka jadi kering banget please be careful ya gais bermain dengan retinol.
Usage: 1 week - 1 month
Shopee
P
prim7
Dry Skin, Medium Light, Warm
Pertama kali beli ini keracunan ka hani, karena pas ka hani pake katanya bs ngurangin bekas jerawat. Sebenenrnya aku tu ngincer ini juga dr lama tp sold out mulu, di shopee pun harganya beda jauh :" Akhirnya pas beauty studio blg restock ini aku langsung gercep mesen. Di aku purging cmn jerawatan 1/2 aja, so far yg aku rasain sih tekstur jd rata mukanya, bekas jerawat sedikit memudar dan ga bikin kering! Recommended buat first timer retinol. UDH abis sebotol jadi bisa kasi final review! di aku ini bs bantu matengin jerawat dan nyembuhin jerawat, terus emg bs ngilangin bekas jerawat tp yg gak signifikan sih tp slowly but sure!! kalo untuk mencegah jerawat sih ngga ya di aku, tekstur jd rata mukanya
Usage: 3 months - 6 months
Beauty Studio