P
pidharully
Dry Skin, Light, Neutral
teksturnya light lotion warna putih. gampang bgt diratain dan cepet meresap di kulit. kadang kerasa tingling di kulit, kadang juga engga kok, kayanya tergantung kondisi kulit aku😅 aku pake cuma seminggu 2x sih, jadinya awet banget ini rasanya ga abis2. efek jangka panjang emang beneran lebih ngeratain warna kulit, memudarkan pih. efek overnightnya sih, biasanya kalo lg ada bruntusan gitu keesokannya pas cuci muka dia tinggal ngelupas kaya biji wijen gitu😅 luvvvv🤎
Usage: 1 month - 3 months
Shopee
S
soothingscent
Combination, Medium, Warm
First impression dari packagingnya ini bagus banget kalau menurutku, designnya minimalis, kerasa mahal karena materialnya frosted glass dengan warna gelap yang somehow agak bikin aku keingat dengan produknya Estee Lauder yang ANR. Produk ini memiliki claim yaitu membantu proses eksfoliasi kulit dan regenerasi sel kulit sehingga kulit menjadi lebih cerah, meratakan warna dan tekstur kulit. Berdasarkan ingredient listnya, exfoliating agent di produk ini lengkap ada 2 yaitu AHA (glycolic acid) 10% dan BHA (SA) 3% kemudian produk ini juga dilengkapi dengan niacinamide 2%, ceramide, squalane, dan berbagai macam plant extract. Kalau dilihat dari konsentrasi bahannya produk ini memang lebih potent dibanding serumnya. Serum ini ga mengandung perfume, tapi kalau based on my experience produk ini ada wanginya yang aku ga bisa deskripsiin kaya gimana karena hasil dari kombinasi plant extracts dan bahan lainnya, walaupun begitu aku ga merasa terganggu dengan wanginya. Produk ini memiliki warna putih dengan tekstur yang thick jadi setelah diratakan ke wajah takes time untuk menyerap dan bisa lanjut ke produk skincare yang lainnya, even waktu udah menyerap dia meninggalkan semacam occlusive layer yang agak tacky tapi ga berasa setebal retinol ampoule-nya. Aku pakai produk ini hanya di malam hari dan pakainya 2 kali dalam seminggu dan dibarengi dengan penggunaan toner-nya, awalnya aku hanya pakai toner namun karena ga ada iritasi yang berlebih jadi di next schedule aku mulai pakai serum ini. Saat pertama kali aplikasi produk ini surprisingly aku ga merasa ada iritasi seperti gatal atau rasa tingling, mungkin karena kulitku udah ‘diperkenalkan’ melalui toner-nya. Tapi keesokan harinya, mungkin karena barrier kulitku lagi ga terlalu bagus ditambah kandungan acid di produk ini terlalu tinggi jadi ada iritasi waktu awal pemakaian, dimana kulitku justru keluar tekstur dengan ada sedikit radang terutama di area dekat alis dan dekat bibir namun ga ada rasa sakit atau gatal. Karena ada efek seperti itu aku stop pemakaian sampai kulitku kembali ke keadaan normal dan waktu dicoba lagi ga muncul lagi efek negatifnya jadi aku waktu itu lanjut pemakaian namun lebih hati-hati karena aku notice di keesokan hari setelah pemakaian kulitku jadi lebih sensitive. Jadi kalau kulitku lagi ‘acted up’ aku hindari pemakaian produk ini namun tetap pakai tonernya tapi kalau udah normal lagi baru aku pakai lagi produk ini sesuai dengan jadwal penggunaan acid product. Efek yang dirasakan waktu pertama kali pakai kalau di aku produk ini bikin wajah terlihat jadi cerah dibandingkan dengan pemaikaian tonernya sendiri. Setelah penggunaan kurang lebih selama sebulan yang paling terlihat yaitu ada improvement di tekstur kulit dan bruntusan jadi cepat redanya, selain itu bekas jerawat yang kehitaman juga jadi lebih memudar secara perlahan. I like this product tapi aku ngerasa kalau penggunaannya disertai dengan refining toner terlalu powerful untuk kulitku jadinya kulitku lebih sensitif. In the future aku consider buat repurchase tonernya aja karena di aku udah cukup kuat untuk exfoliate kulitku but I’m still recommend this product terutama buat yang lagi ada problem di tekstur karena clogged pores atau ingin meredakan noda gelap di kulit tapi dengan catatan kondisi barriernya lagi bagus.
Usage: 6 months - 1 year
Sociolla
A
amandaanbl
Oily, Medium, Neutral
awalnya pake toner nya doang dan bagus kemudian aku coba serumnya tambah nampol ternyata. ini bagus dan aku pakenya bareng sm toner exfonya. tp toner exfonya kan cuma boleh dipakai dua sampai tiga kali seminggu, nah tp kalau serum nya itu boleh setiap hari nggak ya?
Usage: Less than 1 week
Shopee
N
NailaDiba
Combination, Medium, Warm
big thanks to avoskin. ini bisa mudarin melasmaku yg muncul dari smp akibat sun exposure. krn aku low budget aku ga pake produk lain cmn pelembab sama serum ini yg aku pake seminggu 1-2 kali (jgn lebih dari 3x dlm seminggu guys pernah jerawatan gara2 over exfoliation wakaks). i know it takes time maybe six month tapi aku bisa liat perbedaannya, mungkin 25-30% pudar. baunya mirip pasta balon jaman sd hehe. teksturnya kental sedikit siliconey, meresapnya butuh wktu sekitar 30 dtk. rela nabung dulu buat repurchase krn mayan mehong tp seworth it itu
Usage: 3 months - 6 months
Shopee
L
Lindaoctaviaa
Dry Skin, Medium Light, Neutral
Huhuhhu sedih, beberapa hari pertama cocok banget terus gatau kenapa tiba tiba bikin muka aku keluar semua komedo yang notabennya itu komedo di pipi demo rame rame 😭 di pegang kasar gitu :( mikir aku mungkin purging tapi aku tetep lanjutin lagi ternyata makin tidak karuan muka saya :( ini karena emang kulit aku sensitive bgt apa gimana, diliat dari ingredients nya sih aman aman aja aku pake aha bha yg dose nya dilarang buat home peeling aja b aja wkwkkwkw gatau kenapa malah pake ini keluar beruntusan sama komedo,kalau dari texture dia ga terlalu thick ya enak bgt cepet meresap, bau nya so far ya semacam chemical compound pada umumnya karena dia no fragrance tapi ngga menyengat bgt buat aku jadi aman aja. Pipet nya gatau kenapa suka susah di pake jadi gabisa ke ambil gitu serumnya. Oh iya waktu di pake itu bener bener bikin muka aku merah banget ngalahin kepiting rebus 😂 sampe shock aku liat di kaca, ngeri liat muka aku hahaha So sorry avoskin 😕
Usage: 1 week - 1 month
Brand website
K
kamilazizar
Oily, Medium Dark, Warm
Exfo serum pertama yg aku coba & lokal pula~ 11-12 bagusnya dgn si toner, kalo bisa dipake barengan, perfect combo! Serumnya agak kental, putih keruh & bau asam. Experiencenya idem kyk tonernya, perih cekit2 & bikin kulit merah di beberapa area pas awal2 pemakaian. Tapi lama2 pas udh ke-build tolerance nya, jd lbh berkurang. Lbh berasa itu pas kulit lg lbh sensitif, ada jerawat aktif/ada jerawat baru pecah. Gak ada purging jg. Sempet ngalamin over-exfo gara2 pake berturut2 bareng tonernya+ngusrek toner pake kapasnya terlalu semangat. Setelah trial-error, yg pas di aku pakenya: 3 tetes utk wajah & leher, diratain dgn lembut hati2, kalo ngusapnya kasar dikit aja suka perih. Selalu pake di malam hari 1-2x/seminggu, belum kuat pake tiap hari. Kadang serum aja (tonernya terpisah beda hari), kadang bareng tonernya utk hasil lbh pol. Trs yg aku notice pas pake serum & tonernya adalah meski secara konsentrasi exfo acidnya lbh tinggi dlm bentuk serum, tapi.. 1) Versi serum malah lbh melembabkan daripada tonernya. Mungkin diseimbangkan kali ya. 2) Versi serum less cekit2 daripada tonernya. Mungkin krn toner pake kapas & serum pake tangan kali ya & lbh melembabkan jg. 3) Yg toner emg FA-safe, sedangkan yg serum ada FA-trigger di bawah2 ingredient list & ada ingredient2 yg potensi comedogenic. Tapi meski gitu, sejauh ini no problem di aku, pakenya jg gak banyak2. Kalo utk efeknya, sama kyk tonernya. Tiap kali pake besoknya kulit lbh halus, bersih & cerah, pori lbh samar. Jangka panjangnya, kulit lbh bersih & cerah (seperti klaimnya). Bantu mudarin PIH scr perlahan, ngeratain warna kulit, bantu tekstur yg bruntusan gradakan jd lbh halus. Utk jerawat, lbh ngefek ini dibanding tonernya. Overall, puas dgn serumnyaaa~
Usage: 6 months - 1 year
Gift
N
nabdzhana
Combination, Medium Light, Warm
ini bagus bgt kalo dipakenya teratur! bisa ngurangin bruntusan, mencerahkan wajah, mengecilkan pori, dan meratakan kulit wajah. Worth to ty bgt! Hasil lbh maksimal bgt kalo dibarengin sm refining tonernya juga
Usage: 6 months - 1 year
Shopee
A
amaliaamii
Combination, Medium Light, Neutral
Love and hate banget sama produk ini.. disaat muka lg breakout, dia bisa bikin breakout mereda. Tp disaat muka lg bagus, dan pake ini, kok jd aga beruntusan hahahha.. bingung? Dan super perih pake ini kalau lg ada permasalahan kulit.. tp + nya sih jd halus bgtt pori2.. untuk bekas jerawat agak lama yaaa ilang nya, bener2 harus sabar. Masih galau mau repurchase atau ngga haha maybe mau cobain yg lain
Usage: 6 months - 1 year
SOCIOLLA
S
salsabilaizt
Combination, Medium Light, Warm
DEFINITELY REPURCHASE. ini udah botol ke 4 mungkin. wanginya ada kayak acidic gitu. formulanya kentel tapi ngga bikin lengket, cepet nyerep. dipake bareng tonernya bener2 bakal bikin kulit lebih rapi, cerah dan terutama mencegah jerawat meradang. blm nemu penggantinya yang bisa mengeksfoliasi kulit sekenceng ini apalagi lokalll
Usage: More than 1 year
Shopee
S
sharaysn
Combination, Medium Light, Neutral
Mungkin kulit aku yg kurang cocok atau terlalu sensitif, serum ini udah aku pake -+ 4 bulan dan belum ada perubahan yg signifikan. Kondisi muka aku dari november emang ada jerawat dan bekasnya, tapi gak sebanyak sekarang, idk pas pake ini kenapa tambah banyak dan makin sensitif. Produk ini pas dipake malem, besok paginya muka aku keliatan lebih glowing, cerah dan jerawat lebih cepat mateng,bekas jerawat sedikittt memudar, tapi selaluu aja ada jerawat baruu tiap pake ini. So sad, padahal aku berharap makin membaik setelah pake produk avoskin ini. Jadinya aku gak sampe abis pake produk ini karena takut makin parah
Usage: 3 months - 6 months
Shopee