A
artellaide
Combination, Light, Neutral
Suka banget sama retinol ini. Teksturnya super encer, dan ga ada bau menyengat yang ngeganggu. Produk ini gampang banget nyerap kekulit dan dalam waktu singkat aku ngerasa muka aku jadi glowing banget, dan pori pori juga mengecil, besttt
Usage: 1 month - 3 months
Shopee
B
bakada
Combination, Medium Dark, Warm
Bagus banget asli! apalagi dikombinasiin sama niacinamide bagus banget! 😭 baru beberapa kali pake aja udah terlihat hasilnya, muka jadi lebih alus, kenyal dan cerahan, gak ada bau aneh2 dan nyerepnya lumayan cepet nggak greasy juga padahal agak mirip oil teksturnya
Usage: 1 month - 3 months
Beautyhaulindo
J
Jeejeena
Combination, Medium Light, Neutral
Aku emang udah sebucin itu sama somethinc tapi emang beneran bagusss. Aku pake rangkaiannya semua. Dan hasilnya sangat memuaskan bagi aku yg dulu sempat ketergantungan krim dokter. Utk somethinc yg ini di aku cepat ngempesjn jerawat dan mudarin beberapa bekas jerawat. Muka aku juga keliatan lebih glowing dan sehat. Kalo malam aku barengan dgn niacinamide nya dan paginya kulitku rasanya glowing, kenyal dan sehattt. Oh iya ini juga aku rekomendasiin ke adek aku yg jerawatan dan skrg dia bucin parah sama somethinc
Usage: 1 month - 3 months
Shopee
M
Mizanur
Combination, Medium Light, Neutral
OMG! Ini beneran ajaib! Setelah pakai 1 bulan (3 hari sekali), milia di bawah mata mengecil, pori2 mengecil, kemerahan mereda dan glowing banget. Sebelum mengaplikasikannya, saya cuci muka pakai Safi Age Defy Cream Cleanser yang melembabkan, dilanjutkan dengan toner Pixy Aqua yang juga melembabkan. Setelah itu aplikasikan 5 tetes serum ini. Untuk milia di sekitar mata, saya pakai cotton bud, ditotol pelan2 dengan serum ini, lalu dilanjut dengan Eye Cream dari Safi juga. Setelah itu saya pakai serum Hyaluronic Acid, selanjutnya serum vitamin C, lalu dilock pakai Sleeping Mask dari Pixy Aqua series. Jika tidak memakai serum Retinol, saya biasanya hanya menggunakan toner yang mengandung AHA BHA dari Everwhite, dilanjut dengan serum dari seri yang sama (Cica serum by Everwhite), lalu sleeping mask. Waduh, 2 minggu pertama aja sudah terlihat. Suami saya yang kulitnya berminyak juga cocok banget. Sebulan pemakaian, komedonya jauh berkurang, bekas jerawatnya memudar juga. Oh ya, tentunya di siang hari juga jangan lupa moisturizer dan sunscreen. Apalah gunanya pakai serum kalau malas pake sun protector? Buat tambahan, di kulit saya yang kombinasi dan suami yang oily, tidak ada efek samping seperti purging, bruntusan dll, semua fine2 saja.
Usage: 1 week - 1 month
Traditional market
A
alexacgnwn
Normal Skin, Light, Cool
My favorite local retinol. Produk ini pakai encapsulated retinol, jadi lebih gentle di kulit. Selama pemakaian, ini nge-bantu banget dengan masalah clogged pores dan juga pigmentation & dullness. Teksturnya cair, nyaman dipakai, nggak berminyak. Selama pemakaian juga aku nggak ada efek samping seperti dryness, purging dan irritation. Aku kasih bintang 4 karena kurang jelas ya ini PAO nya berapa lama, nggak ada di packagingnya (or maybe aku kurang teliti) and retinolnya 1%, which is good but sometimes we need more though.
Usage: 1 month - 3 months
Shopee
G
gretong
Oily, Medium, Warm
Serum retinol pertamaku. Pakenya 2 hari sekali. Purging ada tapi kecil-kecil di area sekitar hidung, Setelah pemakaian beberapa minggu udah ga keluar lagi jerawat purgingnya. Untuk mengatasi jerawat atau noda bekasnya sih ga begitu kerasa. Yang peling keliatan itu justru manfaat anti-aging, fine lines di area jidat dan pipi keliatan memudar sekali hahaha. Top banget deh.
Usage: 1 week - 1 month
Shopee
A
Anggiray
Oily Skin, Medium Light, Neutral
Cukup satu kata, CINTA. Semua manfaat retinol dapat dirasakan dari produk ini. Yang paling terasa itu kulit keliatan lebih kencang dan super glowing. Kalau untuk jerawat ga terlalu sih. Ga bikin breakout tapi ga membantu penyembuhan jerawat juga sih. Tapi it's okay. kalau lagi lagi banyak jerawat aku ganti dulu aja sama serum aha/bha 💕
Usage: 1 month - 3 months
Shopee
C
chunkymonkey
Combination, Light, Neutral
Retinol pertama yang aku coba, dapetinnya gila susah banget..... selalu ke abisan.. aku pake retinol ini seminggu 2x dan di malem hari aja. Karna pernah aku pake 4 hari berturut2 ternyata jd kering banget muka ku. Bau nya aku kurang suka sih.. tp masih bisa di tolerin lah. Efeknya di muka aku lumayan ngebantu ngeringin jerawat, dan bekasnya pun lama-lama pudar trs jg bikin halus bgt setelah pemakaian.
Usage: 1 month - 3 months
Tokopedia
R
renevalerie
Combination, Light, Cool
Khawatir banget sama retinol karena ga pernah pake dr brand manapun. Tapi setelah tahu ada retinol yang aman untuk kulit sensitif akhirnya berani coba & IM TOTALLY SOLD sih. Retinol ini ga ada sensasi cekit2 & perih sama sekali spt retinol pada umumnya. Pakenya di combine dengan niacinamide + hyaluronic jd Triple Combo paling mantulll!
Usage: 1 month - 3 months
Beautyhaulindo
D
Ditta1989
Oily Skin, Light, Cool
Sebenarnya belum bisa nge-review banyak soal produk ini, karena belum sebulan pemakaian, alias baru 3 minggu. Awal pertama kali pakai, sempat ada purging terutama di bagian sekitar hidung, tiba2 memerah. Mungkin baru pertama kali pakai retinol, jadi butuh penyesuaian dulu dengan kulit saya. I will update later kalau sudah sebulan pemakaian.. (Update) : setelah sebulan pemakaian, alhamdulillah cocok banget di saya.. Tekstur kulit wajah saya jadi lebih merata, pori-pori mengecil, flek hitam bekas jerawat membandel tersamarkan. So far masih aman di saya karena kandungan retinolnya baru 1% (saya belum berani pakai retinol dengan kandungan persen yg lebih tinggi), jadi ini aja udah mantep banget di saya..
Usage: 1 month - 3 months
Beautyhaulindo