9
94echon
Dry Skin, Medium, Neutral
Sudah seminggu lebih sejak saya menggunakan PTE di day & night skincare routine saya. Kesan awal yang saya dapatkan mengenai kemasannya sangat menarik. Meski dibuat dari plastik, bukan kaca, bahannya terasa sangat sturdy baik botol maupun tutupnya.Untuk teksturnya sendiri cair seperti air, seperti STE Secret Key. Dan aromanya agak aneh. Antara bawang putih sama karet gosong hehehe. Pertama kali mencium baunya memang agak kaget sih tapi makin kesini makin terbiasa.Awal pemakaian ada sedikit tingling-sensation nya tapi nggak mengganggu. Tetapi setelah beberapa hari penggunaan, tidak ada tingling sensation sama sekali. Karena teksturnya cair jadi produk ini sangat mudah menyerap. Saya menggunakan PTE ini right after toner. Efek instan yang saya rasakan saat menggunakan produk ini adalah oil-control. Akhir-akhir ini, di siang hari, hidung saya suka mengeluarkan sebum berlebih mengingat saya bekerja di wilayah dekat dengan pantai. Tetapi ketika saya menggunakan produk ini, hidung saya tidak mengeluarkan minyak berlebih. Selain oil-control, efek yang saya rasakan setelah beberapa kali penggunaan adalah wajah jadi tidak mudah kusam. Untuk bekas jerawat yang menghitam, berhubung saya juga menggunakan produk serum Alpha Arbutin dari The Ordinary, saya kurang yakin produk mana yang lebih berperan memudarkan bekas jerawat saya, tetapi saya berasumsi PTE ini ikut ambil bagian juga :)Kekurangan dari produk ini adalah produk ini kurang lembab. Saya tidak merasa ada hidrasi sama sekali dari produk ini. Tetapi bagi saya ini bukan masalah besar karena saya masih bisa menggunakan produk yang melembabkan di step berikutnya.Saya merekomendasikan produk ini untuk semua jenis kulit dan tentunya cocok dengan bahan Niacinamide karena bahan ini ada di urutan ke-2 dalam produk ini.
Usage: Less than 1 week
L
lionesss
Oily, Medium Light, Warm
ini essence keduaku, setelah secret key. utk wanginya sih aku ngga masalah sama sekali. dari packaging juga aku lebih suka ini karena dr plastik kokoh yg keliatan mewah tp ngga berat dan ngga makan tempat kalau dibawa travelling. cuma untuk yg oily dan acne skin, seperti ini produk lain dengan embel2 whitening lainnya harus "prepare". setelah pemakaian 3hari berturut2 aku ngerasa ada calon yg jerawat yang tumbuh. jadi aku berhenti pake dulu dan rencananya mau pake lagi setelah secara selang seling dgn produk lain.
Usage: Less than 1 week
P
princess_stars
Combination, Light, Warm
Pada dasarnya kulit saya sangat sensitif terhadap bahan-bahan yang mengandung whitening, biasanya jika memakai meskipun hanya 1 atau 2x produk berbahan dasar whitening, kulit saya akan bruntusan atau bahkan timbul jerawat. Tapi terhadap wardah essence ini, kulit saya tetap bersahabat. Teksturnya light, ringan di wajah, begitu diaplikasikan di kulit wajah essence ini cepat menyerap. Dan yang paling saya sukai, essence ini tidak membuat kulit wajah saya menjadi oily. Selain melembabkan, essence ini juga meratakan warna tone kulit saya. Recommended.
Usage: Less than 1 week
A
ArsyaDimi
Oily, Medium, Neutral
Pertama lihat dan pegang packagingnya elegant & ringan, enak buat dibawa-bawa. Wangi edelweissnya akan tercium pafa saat diaplikasikan dimuka. Aku sudah pakai wardah essence ini selama 3 minggu, minggu pertama belum terlihat hasilnya di kulit wajah berminyakku. Makim kesini noda bekas jerawat yang hitam mulai memudar, seneng banget jadi makin PD. Aku orangnya gak gampang percaya sampai orang terdekatku bilang muka aku cerah dan fresh kaya abis cuci muka padahal aku batu bangun tidur dan belum mandi hihihi. Worth to try!
Usage: Less than 1 week
A
atikahamalia
Combination, Medium Light, Cool
Udah sekitar 2 minggu pakai produk ini. Dicampur dengan Hada Labo toner untuk normal to dry skin dan terkadang Aloe vera dari The saem kalau lagi bruntusan. Ada plus dan minus dari essence yang termasuk produk baru dari Wardah ini, mereka adalaaah;(+)1. Packaging premium dan travel friendly.2. Bikin cerah dalam 3 hari (kulit mukaku kombinasi kering-normal).3. Essence yang value banget sama harganya. Menurutku harganya termasuk murah ya dibanding essence merk-merk lain.4. Gak lengket, menyerap cepat, enggak 'nahan' sama sekali di wajah.(-)1. Somehow, kalau baru diaplikasikan itu terasa perih di bagian-bagian tertentu, memang begini kah essence untuk brightening? 2. Not so hydrating. Kayaknya sih memang pasangan klop dari essence ini ya white secret serum dari Wardah sendiri supaya lebih berfungsi ke hydrating juga (anyway, serum ini aku juga recomend banget).Overall, karena fungsi utamanya brightening sudah tercapai di kulitku, I'd like to give 4/5repurchase? Maybe sih. Pengen nyoba essence yang renew you dulu. (ketagihan serian renew you karena efeknya josss banget, hehe)
Usage: Less than 1 week
Udah seminggu aku pake PTE ini. Kulit aku kering, sensitif, banyak noda bekas jerawat. Packaging : PTE ini dikemas dalam botol plastik kokoh yang travel friendly, ga bikin berat kalo mau dibawa kemana-mana. Kandungan : Di urutan kedua ada niacinamide yang membantu mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam. Juga ada hyaluronate yang membantu menghidrasi kulit. Aku suka kandungannya simpel sedikit dan ga ada fragrancenya. Scent : Oke menurut aku ini wanginya cukup mengganggu mirip wangi telur, tapi untung wanginya cepet hilang. Tekstur : Sangat mirip air sama sekali ga lengket atau berat. Udah kaya pake air ditemplokin ke muka. Tapi setelah dipake kulit jadi berasa lebih moist dan kenyal Review : Aku pake ini setelah hydrating toner dikulit aku PTE ini menambah kelembapan kulit karna udah berapa hari ini udara dingin hujan biasanya kulit aku udah ngelupas dimana-mana tapi beberapa hari ini enggak. Dan yang bikin aku suka banget tiap pulang kuliah muka masih cerah, fresh kaya baru cuci muka padahal biasanya kucel kaya belom mandi. Tapi kalo untuk mencerahkan noda jerawat aku ga merasakan sama sekali, mungkin karna baru seminggu. Aku recommend banget PTE ini buat kulit sensitif soalnya kulit aku juga sensitif banget dan kalo ga cocok langsung berasa perih sampe ngelupas kulitnya tapi aku pake PTE ga ada efek negatif apa-apa.
Usage: Less than 1 week
R
raissasabrina
Normal, Light, Neutral
To be honest, aku bukan fans essence yang terlalu cair seperti Secret Key dan SK II karena tidak memberikan kelembapan yang aku inginkan. Maka dari itu agak pesimis bakal suka sama Wardah Essence ini. Kemasannya kayak knock-off SK-II, terbuat dari plastik both the bottle and the cap. Teksturnya juga cair seperti SK-II namun agak sedikit 'lengket' dan memiliki bau khas yang pharmaceutical. Suprisingly, I love this essence! Pertama, I am an avid user of Niacinamide--karena niacinamide tidak sekedar membuat kulit cerah tapi juga menyamarkan freckles. Using this essence feels like bathe with a gallon full of niacinamide. ME LIKEY! Teksturnya yang sedikit lengket juga memberikan kelembapan untuk kulit, jadi kulitku gak terasa tertarik kalau hanya menggunakan essence ini dan pelembap. Setelah pemakaian selama seminggu, aku mulai merasa frecklesku berkurang padahal aku hanya pakai di malam hari. Aku akan terus melanjutkan penggunaan produk ini, dan berharap sih semoga ada mini size dalam kemasan semprot! Kayaknya enak nih niacinamide facial mist!
Usage: Less than 1 week
R
ratna_11
Normal Skin, Medium, Warm
Akhirnya nyobain juga essence nya wardah ini. Tertarik karena jarang banget (atau malah belum pernah?) brand lokal ngeluarin essence. Packagingnya tampak mewah tapi botolnya bukan dari kaca jadi enteng dan gak takut jatuh trus pecah. Menurutku gak ada baunya ya, atau kalau pun ada samar banget nyaris gak kecium. Teksturnya persis air jadi pas dipake langsung menyerap dan gak ninggalin lengket. Udah semingguan pake dan gak ada purging aneh-aneh. Kayaknya cocok-cocok aja di kulitku. Untuk hidrasi ya mungkin gak terlalu menghidrasi karena ini kan pre serum alias akan di-layer dengan skincare lain (serum, pelembab dst). Efek instan nya kulit terasa lebih halus, lembab dan tekstur kulit keliatan lebih baik. Kalau untuk efek mencerahkan atau memudarkan noda mungkin memang butuh waktu dan ketelatenan ya.
Usage: Less than 1 week
S
Shalimar
Combination, Medium Light, Neutral
thumbs up buat Wardah yg uda selalu berinovasi dan ga pernah berhenti researching apa sih yg diperluin wanita Indonesia dalam skincare. dr yg aku baca penelitian untuk seri white secret ini udah melalui proses yg amat panjang.. dan hasilnya emang terlihat, gak mengecewakan. untuk first essence dr brand lokal Wardah PTE ini menurutku sukses. dari segi tekstur cair mudah menyerap, no perfume (tp ada sedikit bau yg susah di deskripsikan yg hanya butuh 2-3secs setelah itu hilang baunya), niacinamide ada di urutan ke-2 dr ingre, dan ingre lain yg gak kalah bagusnya. gak ketinggalan harga yg affordable dan kemasan yg praktis, sturdy. efek instan setelah pemakaian yg dirasakan itu pori-pori yg halus, dan overall skintone yg lebih cerah dan rata. untuk hidrasinya sendiri, tergantung dr jenis kulit. aku yg kombinasi masih butuh tambahan hidrasi dr serum dan pelembab. kembali lg krn tekstur cair dan mudah meresapnya ini aku rasa semua jenis kulit bisa banget pakai essence ini. :) another plus point, di aku gada rasa tingling atau pun breakout ga cocok karena PTE ini, yg ada untuk jerawat yg masih meradang justru bantu mengurangi peradangan dan mempercepat penyamaran kemerahan bekas jerawat..
Usage: Less than 1 week